3 Plugin WordPress untuk meningkatkan performa website

3 Plugin WordPress untuk meningkatkan performa website

Pada kali ini saya akan membahas beberapa plugin WordPress terbaik  yang wajib diinstall di situs kamu. Plugin-plugin ini nantinya akan membatu meningkatkan performa situs kamu dalam banyak hal. Mulai dari speed, caching bahkan SEO.

Ini adalah beberapa plugin WordPress yang wajib digunakan:

Mungkin kamu aneh melihat list diatas? Kok sedikit sekali yah, plugin yang akan kita digunakan?

Oke bagi kamu yang merasa aneh, akan saya jelaskan secara sederhana. Jika di situs WordPress kamu menginstall dan menggunakan terlalu banyak plugin, hal ini tentunya akan mempengaruhi performa situs kamu nantinya. Seperti load speed yang pasti berkurang, resource yang bakal digunakan server/hosting kamu akan bertambah dan masih banyak lagi.

Karena pada dasarnya plugin disini mirip seperti software di komputer kamu. Setiap software teninstall, pasti akan memakan space hardisk dan juga resource komputer(RAM & CPU). Jadi semakin banyak software terinstall di komputer, semakin “lemot” juga komputernya. Begitu pula dengan plugin WordPress yang kita install di situs kita. Semakin banyak di install, semakin banyak juga resource yang diperlukan, dan otomatis server hostingmu juga bisa jadi “lemot”.

Oleh karena itu, makanya saya hanya menyarankan beberapa plugin saja. Namun bukan berarti plugin lain tidak berguna, cuma beberapa plugin diatas adalah hal yang wajib kamu gunakan di situs yang kamu miliki.

Hal pertimbangan lain juga, jika kamu menggunakan theme yang bagus, kamu tidak akan perlu menggunakan plugin-plugin tambahan. Seperti plugin sharing, plugin slider dan masih banyak lagi. Karena biasanya di theme-theme yang baik, hal-hal sederhana seperti itu sudah  ada didalam theme tersebut. Jadi kamu sangat tidak perlu menggunakan plugin untuk menambahkan fitur-fitur seperti yang saya sebut diatas.

Penjelasan mengenai masing-masing plugin diatas.

Plugin WordPress Yoast

Yoast SEO

Plugin WordPress ini fungsinya adalah untuk mengoptimasi situs website kamu untuk SEO. Jadi dengan plugin ini, kamu akan dibantu ketika sedang membuat post/page baru untuk bisa optimal hasilnya di search engine nantinya.

Mulai dari penentuan keyword, membuat meta, bahkan membuat XML sitemap untuk beberapa search engine. Memang beberapa arahannya sudah tidak terlalu berpengaruh lagi ke search engine, seperti penggunaan berulang keywords, namun untuk beberapa hal, plugin ini masih sangat membantu. Apalagi untuk para pemula yang masih belum paham mengenai dunia SEO.

Plugin ini ada versi gratis dan berbayarnya. Dimana versi yang berbayar memiliki fitur yang jauh lebih banyak ketimbang yang versi gratis. Namun menurut saya, versi gratis saja sudah lebih dari cukup kok.

Kalau kamu ingin menginstall plugin ini, kamu bisa mendownload pluginnya disini atau langsung melalui WP dashboard dengan mengetikkan “yoast seo” sebagai kata kuncinya.

W3 Total Cache

w3

Plugin WordPress yang satu ini fungsinya untuk caching dan minify. Jadi plugin ini secara sederhananya akan membantu meningkatkan performa dan juga speed website kamu.

Caching disini maksudnya adalah penyimpanan sementara. Dalam hal ini di browser pengunjung kamu nantinya. Jadi misal, ada pengunjung baru datang ke website kamu, nah secara otomatis caching dari website kamu akan tersimpan didalam browser mereka. Sehingga, apabila mereka nantinya membuka website kamu lagi, mereka tidak perlu menunggu lama, karena cachingnya sudah tersimpan di browser mereka.

Minify disini berarti mengecilkan. Nah jadi halaman website kamu, misal homepage, akan di bikin sekecil mungkin sizenya. Size disini adalah dengan cara mengkompress/mengecilkan file HTML, CSS dan Javascript. Jadi misal yang tadi nya ada 10 file css, dengan plugin ini akan di satukan menjadi 1 file saja. Dan beberapa kode-kode yang tidak dibutuhkan akan di hapus, seperti komen di kode, ataupun spasi dan line break.

Sebenarnya masih banyak hal lain yang bisa dilakukan oleh plugin ini, seperti menggunakan CDN. Namun settingannya agak cukup sulit juga. Nah untuk sekarang cukup gunakan fitur caching dan minify nya saja dulu. Plugin ini juga memiliki versi berbayar dan gratis. Namun sama halnya dengan plugin Yoas SEO, yang versi gratis pun sudah lebih dari cukup kok.

Kalau kamu ingin menginstall plugin ini, kamu bisa mendownload pluginnya disini atau langsung melalui WP dashboard dengan mengetikkan “w3 total cache” sebagai kata kuncinya.

smush

Smush Image Compression and Optimization

Plugin WordPress ini fungsinya adalah mengkompress gambar di situs kamu. Seperti yang kamu tahu, salah satu faktor yang membuat speed website cepat/lambat adalah dari gambarnya. Maka dari itu, selalu gunakan gambar  yang teroptimasi. Nah, plugin ini sangat baik untuk mengoptimasi size gambar yang kamu gunakan di website kamu.

Jadi kalau kamu malas mengoptimasi gambar kamu di photoshop atau beberapa image editor, kamu mungkin cocok sekali untuk menggunakan plugin ini. Sama seperti plugin-plugin diatas, plugin ini memiliki versi berbayar dan gratis. Dan menurut saya versi gratis pun sudah lebih dari cukup.

Kalau kamu ingin menginstall plugin ini, kamu bisa mendownload pluginnya disini atau langsung melalui WP dashboard dengan mengetikkan “smush image” sebagai kata kuncinya.

Beberapa plugin WordPress tambahan yang disarankan:

Redirection

Plugin ini fungsi utamanya adalah redirection. Jadi bila nantinya di website kamu ada link rusak atau berubah, kamu bisa menggunakan plugin ini untuk membenarkan link yang rusak itu.

Jadi nantinya pengunjung kamu tidak akan lagi diarahkan ke halaman 404, namun mereka akan diarahkan ke halaman yang kamu inginkan.

Kalau kamu ingin menginstall plugin ini, kamu bisa mendownload pluginnya disini atau langsung melalui WP dashboard dengan mengetikkan “redirection” sebagai kata kuncinya.

Contact Form 7

Plugin ini fungsinya untuk membuat form di website kamu nantinya. Jadi daripada menaruh email kita agar pengunjung bisa menghubungi kita, lebih baik kita menggunakan form kontak.

Plugin ini juga memiliki integrasi anti spam, yaitu captcha yang dimiliki google. Jadi kamu bisa memasang form ini plus integrasi captcha tersebut. Jadi tidak perlu lagi takut akan ada spam yang dikirim melalui form kontak kamu.

Kalau kamu ingin menginstall plugin ini, kamu bisa mendownload pluginnya disini atau langsung melalui WP dashboard dengan mengetikkan “contact form 7” sebagai kata kuncinya.

Elementor

Plugin ini fungsinya adalah untuk page builder. Jadi kamu bisa membuat halaman website kamu sendiri menggunakan plugin ini. Selain itu, kamu tidak akan tergantung pada tampilan theme yang kamu gunakan kalau kamu membuat halaman tertentu menggunakan plugin ini.

Plugin ini juga memiliki versi pro/berbayarnya. Tapi versi gratisnya pun sudah lebih dari cukup kok. Cuma yang perlu kamu ingat, plugin ini memerlukan spesifikasi server hosting yang lumayan. Jadi pastikan hosting kamu bukan hosting yang abal-abal ya.

Kalau kamu ingin menginstall plugin ini, kamu bisa mendownload pluginnya disini atau langsung melalui WP dashboard dengan mengetikkan “elementor” sebagai kata kuncinya.

Woocommerce

Nah plugin yang satu ini saya rasa hanya dibutuhkan oleh kamu yang pengen membuka toko online. Karena fitur-fitur yang ditawarkan plugin ini, sepenuhnya diperuntukan untuk toko online.

Jadi kamu kalau berniat untuk membuat toko online, segeralah install plugin ini. Karena fitur-fitur yang diberikannya cukup banyak dan sangat detai.  Kalau kamu pengen tahu fitur-fitur apa saja yang di berikan oleh plugin ini, kamu bisa membacanya disini.

Kalau kamu ingin menginstall plugin ini, kamu bisa mendownload pluginnya disini atau langsung melalui WP dashboard dengan mengetikkan “woocommerce” sebagai kata kuncinya.

Nah sampai disini dulu ya pembahasanya. Saya rasa plugin-plugin diatas sudah cukup lengkap untuk semua kebutuhan kamu nantinya. Kalau misal kamu rasa masih perlu ada yang ditambahakan, tinggalin aja di komentar ya.

Cuma sekali lagi saya ingatkan ya, jangan menggunakan terlalu banyak plugin di website kamu supaya nantinya ga bakal mengurangi performa website kamu.

Buat kamu para pemula yang ingin mencari WordPress theme yang keren, kamu bisa buka link ini.

Buat kamu para pemula yang ingin menyewa hosting buat website kamu, kamu bisa membaca cara mencari hosting yang tepat disini.

    Tulis komentar anda